Kamis, 21 Mei 2009

Pawitralaya

Pawitralaya adalah sebuah kata yang juga diambil dari bahasa Sansekerta, yang memiliki arti "tempat bunga-bunga bangsa" yang secara resmi ( entah kapan peresmiannya) menjadi nama dari sebuah Makam Pahlawan. Sampai saat ini di kota kelahiranku tidak ada seorangpun yang tau pencipta nama tersebut. Tidak ada yang mempopulerkan siapa yang telah berjasa tersebut. Eddy Soehardjo, seorang yang sangat bersahaja kelahiran Yogyakarta, 4 Juli 1930, pada awalnya mencoba berkarya lewat ajang perlombaan, yang pada akhirnya terpilihlah hasil karya beliau untuk nama yang terpatri pada gapura Makam Pahlawan di kota Pangkalpinang sampai saat ini. Sebuah karya yang terlupakan dalam sejarah kota Pangkalpinang.

Saat ini dalam usia beliau yang memasuki 80 tahun, untuk pertamakalinya kutulis dalam blogger ini sekaligus bertujuan mempopulerkan hasil karyanya yang tidak pupus oleh waktu. Suatu saat dengan berjalannya waktu, tulisan ini mudah-mudahan dapat melengkapi sejarah kota kelahiranku, Pangkalpinang.

2 komentar:

  1. Sebagai Putra kelahiran Pangkalpinang Bangka Belitung, Kami juga turut Bangga, buat Om Eddy,.....semoga sehat selalu,...

    BalasHapus
  2. Makasih ya Bang doanya untuk ayahnda tercinta.

    BalasHapus